Cara Memelihara Dan Budidaya Landak Mini

ArtikelPilihan.com – Cara Memelihara Dan Budidaya Landak Mini, pernahkah Anda berpikir untuk memelihara hewan sebagai peliharaan. Seringkali, Anda menginginkan hewan peliharaan namun dengan kriteria yang banyak. Mudah cara memeliharanya, tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan dan yang paling utama lucu dan unik. Barangkali Anda perlu mencoba untuk melirik si landak mini yang imut dan menggemaskan. Sebelum membuat keputusan untuk memelihara landak mini, maka perlu dikenali karakteristik binatang peliharaan ini.

Landak Menarik Dan unik
Saat ini, landak mini yang merupakan mamalia dari keluarga Erinaceinae menjadi hewan yang cukup menarik perhatian di Indonesia. Bentuknya, duri-durinya, tingkah laku serta ukurannya yang kecil menjadi diminati jutaan orang yang mulai menggemari mereka. Sebelumnya, landak mini barangkali hanya dikenal oleh sebagian kecil masyarakat. Dengan gencarnya perhatian media baik media cetak, tv maupun online menjadikan landak ini menjadi primadona baru bagi pecinta hewan peliharaan. Sehingga semakin hari landak mini semakin dikenal sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan.

Tips Memelihara Landak Mini

Landak Mini

Tips Memelihara andak Mini

Menurut informasi dari situs peternak landak mini, selain memiliki sifat yang lucu dan bersahabat, landak mini juga siap untuk menyesuaikan gaya hidupnya dengan sang pemilik. Landak mini bisa menjadi Diurnal (bangun di sebagian siang dan malam) sehingga setiap orang dapat menemukan waktu yang tepat untuk menikmatinya. Landak mini tidak memerlukan banyak ruang dan kebutuhan makanan mereka sangat mudah dicari. Juga karena pada dasarnya landak mini adalah hewan soliter maka landak mini tidak membutuhkan penemanan hewan lain. Unik bukan?

Berwajah Lucu Dan Tidak Bau
Berbeda dengan hamster, marmut dan hewan pengerat lainnya, landak mini tidak menghasilkan bau yang menyengat. Masa hidup landak mini juga jauh lebih lama daripada hamster. Dengan perawatan yang tepat, landak mini anda bisa hidup hingga 8 tahun. Landak mini tidak memerlukan vaksin dan sangat tahan penyakit. Sehingga banyak orang menganggap landak mini sebagai hewan peliharaan yang sempurna.

Landak Mini memiliki wajah manis seperti rakun, dilengkapi dengan mata kecil dan hidung runcing yang berkedut terus-menerus, memeriksa aroma (bau) di sekitarnya. Meskipun tidak ada hubungan dengan landak jenis porcupine, banyak orang kadang-kadang keliru terhadap landak mini karena duri yang menutupi punggungnya. Namun, duri landak mini sangat berbeda dengan landak pourcupine. Duri landak mini tidak begitu tajam dan memilik ukuran yang kecil.

Sedangkan perutnya pun kecil dan ditutupi oleh rambut-rambut yang halus. Saat mempertahankan diri, landak mini dapat menggulung menjadi bola dan terlihat seperti landak laut. Landak mini memiliki ekor yang pendek, dan hampir jarang terlihat karena tertutupi oleh tubuhnya. Landak mini memiliki kaki kecil serta tubuh yang bulat. Bagi pecinta landak mini , seringkali si landak menunjukkan kebolehannya ketika mereka berlari-lari di atas lantai.

Makanan Landak mini
Meskipun diklasifikasikan sebagai insectivora (pemakan serangga), namun Landak Mini dapat pula diberikan pakan buatan seperti pakan kering anjing dan kucing, namun sebaiknya ditambahkan pula variasi lain seperti ulat hongkong, ulat jerman, jangkrik dan serangga lainnya. Sebaiknya tidak memberikan susu kepada landak mini dikarenakan sensitifitas usus mereka terhadap susu dengan jumlah banyak.

Cara Memelihara Landak
Memelihara landak mini cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kandang dari kontainer plastik dan disimpan di ruangan dengan suhu sekitar 240 C hingga 280 C. Landak mini bisa diberi makan dry cat food (makanan kucing kering) yang berkualitas baik atau makanan yang diformulasikan khusus untuk landak mini. Landak mini tidak mendaki tirai atau menggigit-gigit furnitur sehingga mereka tidak akan merusak perabotan anda.

Harga landak Mini di Pasaran
Berbagai jenis landak mini saat ini, dengan jenis dan ukuran meyediakan variasi harga bagi Anda. Tergantung pada warna, jenis kelamin, umur, sifat dan kesehatan landak mini tersebut. Jika anda ingin memulai memelihara landak mini, cobalah anda beli satu ekor dulu yang tidak terlalu kecil sehingga anda bisa mengenal karakter dan kehidupan landak mini lebih dalam lagi. Harga anakan berkisar 100-200 ribu, dan ukuran sedang 300-500 ribu per ekor.

Tentunya Anda perlu juga menyiapkan akuarium serta pernak perniknya. Untuk kelengkapan akuarium beserta serbuk kayu, shampo dan pakan, Anda cukup menyediakan biaya sebesar 100-200 ribu. Selamat mencoba! Semoga Anda tertarik. sumber situs : rumahlandak dan landakmini.

   
 
Cara Memelihara Dan Budidaya Landak Mini

Title : Cara Memelihara Dan Budidaya Landak Mini

Categories : Info Terbaru, Kesehatan, Tips Trik

Rating : 4.9/5  | 2549 Views

3 Komentar untuk “Cara Memelihara Dan Budidaya Landak Mini”

  1. Akbar says:

    gan, saya mau memelihara nih, alias masih amatiran. kandang belum punya, dll belum ada. nah saya mau beli landak mini, kira2 buat amatiran dan belum mempersiapkan buat landak tersebut, umur berapa landak mini yang harus saya beli????????????

  2. ayudia says:

    untuk pemula sebaiknya memilih landak mini remaja usia 3-4bulan. Karena pada umur itu, landak mini sudah mulai mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Jangan memlih landak mini yang sakit2an dan kelihatan lesu. Landak yang sehat bisa dilihat dari matanya yang berbinar dan tubuh yang sehat (tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk). Untuk daerah Malang bisa kontak saya untuk pembelian. Saya ada jenis Saltpepper, Tobiano, Pinto dan Brown

  3. wil says:

    sbaiknya yg 7 tahun 11 bulan. Hrgnya murah bnget! Tinggal matinya.

Silahkan berkomentar disini: